Kamis, 15 April 2010

Strategi dan Taktik

Dalam dunia bisnis, militer, atau bahkan untuk menyelesaikan studi, kita menerapkan apa yang dinamakan strategi. Sebelum membuat strategi, tentu kita harus mengetahui apa yang menjadi Tujuan (goals) maupun Sasaran (objectives). Inilah yang menjadi acuan penyusunan strategi.

Strategi
Oxford dictionary mengatakan Strategi adalah 1) rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang tertentu; 2) seni perencanaan dan memimpin kegiatan militer dalam perang atau pertempuran.Strategi dalam bahasa Yunani yaitu strategia atau keahlian militer ‘generalship’. Sederhananya strategi adalah rencana tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.

Apakah tujuan, problem maupun solusi yang hendak dicapai pasti tercapai dengan strategi yang sudah dibuat? Tentu bukan jaminan 100%, namun strategi itu adalah buah pemikiran yang diharapkan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Kita dapat saja memperluas pengertian tentang strategi sebagai Alternatif yang dipilih/diambil untuk membuat terrealisasinya tujuan. Kenapa alternatif? Mari kita bandingkan dengan Team sepak bola. Para Pelatih atau Manager akan menerapkan strategi yang mungkin tidak sama untuk setiap pertandingan. Strategi dibuat sesuai dengan kondisi yang mereka identifikasi dan mungkin juga terjadi perubahan strategi dalam permainan yang berdurasi 2 x 45 menit ini. Perubahan strategi ditetapkan oleh Pelatihnya.

Sekarang kita dapat melihat Strategi sebagai suatu seni dan ilmu tentang perencanaan dan pengelolaan sumber daya untuk digunakan paling efisien dan efektif dalam mewujudkan tujuan. Bandingkan dengan permainan Catur.

Taktik
Taktik adalah 1) tindakan atau strategi yang dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu; 2) seni untuk menyusun angkatan bersenjata dalam peperangan dan mengorganisasikan pelaksanaannya. Asal kata taktik adalah taktike tekhne yaitu ‘art of tactics’, dari taktos yang berarti ‘ordered, arranged’.

Taktik adalah tindakan spesifik yang diambil untuk mengatasi situasi tertentu sebagai bagian dari dari rencana spesifik atau strategi. Contoh Taktik misalnya datang lebih awal ke suatu acara, bersuara keras, atau memakai warna tertentu. Praktek taktif kreatif dapat membawa perubahan positif. Taktik berkaitan dengan bagaimana strategi dijalankan, direncanakan dan kegiatan khusus (ad hoc) untuk suatu maksud dalam menangani tuntutan saat ini, dan untuk berpindah dari satu tonggak lainnya (milestone) dalam mewujudkan tujuan keseluruhan.

Jadi taktik -sebagai drilldown dari strategi- menentukan pencapaian tujuan yang sudah digariskan dalam strategi. Jika Strategi dipandang sebagai buah pikiran maka Taktik adalah aksi atas buah pikiran. Setiap rantai proses dalam organisasi akan mengekesekusi taktik yang mendukung strategi bisnis dan berkontribusi bagi pencapaian strategic objectives.

Prakteknya
Dalam organisasi, strategi ditetapkan oleh Top Manajemen atau Direksi, dan Taktik oleh Kepala Departemen untuk implementasi oleh karyawan.

Contoh #1:
Tujuan: Meningkatkan kompetensi karyawan
Strategi:
-Pelaksanaan diklat, benchmark, atau Company University
-Rekruitmen (fresh, profesional, expert) berdasarkan Job Analysis, Design, dan Specs

Strategi Human Resource Management adalah rencana organisasi untuk mengelola tenaga kerja, budaya, struktur, pelatihan dan pengembangan, serta menentukan bagaimana SDM dapat sesuai (fit) untuk perkembangan organisasi dimasa mendatang.

Taktik
- pelaksanaan lomba kreativitas dan inovasi serta aplikasinya
- pemberian award, misalnya mengumumkan karyawan dgn produktivitas terbaik periode ini
- improvement sistim kerja (bisnis proses)
- peningkatan know-how, know-why, infrastruktur dan teknologi
- menghindari ketergantungan terhadap individu
- mutasi, rotasi.

Contoh #2:
Tujuan: Meningkatkan Penjualan
Strategi: Penetrasi pasar, Bentuk Pasar baru
Taktik: Pasti Anda sering menemui Direct Marketing atau Advertising di TV...ya itu salah satu taktiknya.

http://www.edcollins.com/stratego/stratego-strategia.htm

Dalam membuat perencanaan, kita akan berpikir dalam big picture kemudian memecahnya (drill down) menjadi aktivitas-aktivitas. Perencanaan awal yang baik akan menghemat banyak waktu dan uang (resources) dan memberikan hasil yang diharapkan.

Jadi pada GOAL dan OBJECTIVE dinyatakan apa yang ingin dicapai, kemudian dalam STRATEGI dituangkan rencana untuk mencapai sasaran (strategic objectives), selanjutnya melalui TAKTIK ditetapkan tindakan efektif untuk merealisasikan rencana-rencana strategis. Taktik merupakan aktivitas atau praktek yang dapat dicoba/diuji atau diukur untuk menentukan efektitifasnya.

Is there any strategy in your strategic plan? Most entities would answer "Yes, we do!".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar